CARA MENGATASI ERROR BREADCRUMB DI GOOGLE SEARCH CONSOLE



Tips Blogerku- Apa itu Breadcrumb? Breadcrumbs adalah sebuah navigasi pada blog yang menginformasikan dan membantu para pengunjung untuk memahami lokasi mereka saat berada dalam sebuah website. breadcrumbs ini dibuat untuk menyempurnakan navigasi pada blog seperti homepage, kategori, tag, dan juga arsip pada website ataupun blog.

Jika blog/Web anda ini anda mendapatkan sebuah notifikasi dari Google Search Console (GSC) dimana terdapat sebuah masalah Breadcrumb di blog anda yang harus segera diperbaiki agar struktur data di blog anda kembali normal.

Cara Memperbaiki masalah Error Breadcrumb Pada Blog/WEB anda, kali ini saya akan memberikan sebuah tips cara mudah dan semoga bisa untuk mengatasinya. Sebelum kita mulai anda harus tahu
Setelah memahami dan membaca sedikit apa penyebab masalahnya. Google telah menginformasi bahwa mereka menghapus data-vocabulary.org dan mengharuskan setiap kerangka template migrasi ke schema.org.

Kenapa google harus menghapus data-vocabulary.org? untuk lebih paham mari kita buktikan sendiri bahwa alamat dengan data-vocabulary.org tidak tersedia atau error. Cara mengeceknya silahkan anda copy, ketikkan atau kunjungi urlnya  http://data-vocabulary.org pada browser google chrome anda, maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini:


Untuk memperbaikinya tidak terlalu sulit anda hanya harus mengganti kata https://data-vocabulary.org/breadcrumb dengan code https://schema.org/BreadcrumbList

Apakah code https://schema.org/BreadcrumbList aktif di google tidak error seperti code data-vocabulary, lebih baik anda membuktikannya dengan cara Klik  https://schema.org/BreadcrumbList . Lihat hasilnya seperti dibawah ini:






Pada gambar diatas membuktikan bahwa code baru yang akan anda pasang berfungsi dengan baik untuk menyelesaikan masalah error pada blog atau google search console anda.

Karena banyaknya code data-vocabulary.org yang harus diganti pada template blog anda, agar menghemat waktu dan mempersingkat prosesnya saya akan berikan sebuah code full yang saya dapatkan melalui internet dan hampir semuanya sama menggunakan code berikut ini.

cara untuk mengatasi masalah breadcrumb yang error dengan menggunakan code yang sudah banyak beredar di google, berikut ini step by step nya.

1. Login terlebih dahulu ke Blogger

2. Klik menu Tema lalu Edit HTML

3. Cari code berikut ini:

<b:includable id='breadcrumb' var='posts'> ..... sampai penutupnya ..... </b:includable>


4. Anda hanya perlu menghapus code yang saya blok seperti skrip diatas lalu diganti dengan code dibawah ini.

 <b:includable id='breadcrumb' var='posts'> <b:if cond='data:view.isPost'>     <b:loop values='data:posts' var='post'>         <div class='breadcrumbs' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/BreadcrumbList'>             <span itemprop='itemListElement' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/ListItem'>             <a expr:href='data:blog.homepageUrl' itemprop='item' title='Home'>             <meta content='1' itemprop='position'/>             <span itemprop='name'><b:switch var='data:blog.locale'><b:case value='id'/>Beranda<b:default/>Home</b:switch></span></a>             </span>             <b:if cond='data:post.labels'>             <b:loop index='nomor' values='data:post.labels' var='label'> &amp;nbsp;&#8250;&amp;nbsp;               <span itemprop='itemListElement' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/ListItem'>                 <meta expr:content='data:nomor+2' itemprop='position'/>                 <a expr:href='data:label.url + &quot;?&amp;max-results=8&quot;' expr:title='data:label.name' itemprop='item' rel='nofollow'>                   <span itemprop='name'><data:label.name/></span>                 </a>               </span>             </b:loop>             <b:else/>             &amp;nbsp;&#8250;&amp;nbsp; <span itemprop='name'><data:blog.pageName/></span>             </b:if>         </div>     </b:loop> <b:elseif cond='data:view.isPage'/>     <div class='breadcrumbs' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/BreadcrumbList'>         <span itemprop='itemListElement' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/ListItem'>         <a expr:href='data:blog.homepageUrl' itemprop='item' title='Home'>         <meta content='1' itemprop='position'/>         <span itemprop='name'><b:switch var='data:blog.locale'><b:case value='id'/>Beranda<b:default/>Home</b:switch></span></a>         </span> &amp;nbsp;&#8250;&amp;nbsp;          <span itemprop='itemListElement' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/ListItem'>         <meta expr:content='data:num+2' itemprop='position'/>         <a expr:href='data:blog.url' expr:title='data:post.url' itemprop='item'>           <span itemprop='name'><data:blog.pageName/></span>         </a>         </span>     </div> </b:if> </b:includable>


5. Save Tema.
6. Selesai

Setelah anda selesai mengganti code error breadcrumb di blog/Web anda, langkah selanjutnya adalah anda harus memvalidasi di google search console, silahkan masuk ke search console dan masuk ke Breadcrumbs yang error, tinggal  pilih Validasi Perbaikannya.

Jika sudah memvalidasi, anda tinggal tunggu saja, nanti akan ada laporan jika validasi perbaikan berhasil. Jika sudah berhasil dapat dipastikan bahwa search console blog akan berjalan lancar lagi tanpa menemui error tentang breadcrumbs.

Semoga Tips ini bisa membantu masalah anda.

Post a Comment

2 Comments

  1. Makasih banyak bro. Pas ane cari2 masalah breadcrumb di google, ane langsung nemuin artikel ini dan masalahnya udh diselesaikan. Berguna sekali artikelnya, ane jadi terbantu hehehe...

    Oh yaa jangan lupa mampir sekali2 ke blog ane juga hehehe...

    Thanks :)

    ReplyDelete
  2. Ya, Sama - sama, Terima kasih semoga bermanfaat bagi yang membutuhkannya

    ReplyDelete