Apa Bedanya Domain dan Hosting

 



Tips Blogerku- Dijaman serba canggih ini inovasi teknologi dan komunikasi seakan tidak ada habisnya, terutama bagi mayoritas pengguna internet yang hobinya berselancar di dunia maya. Hobi juga bisa menghasilkan keuntungan dan berguna bagi orang orang banyak salah satunya dengan mengembangkan situs blog atau website.
Namun,  sebelum mulai mengeksekusi setidaknya Anda perlu memahami perbedaan terlebih dahulu apa itu domain dan apa itu hosting terlebih dulu agar tidak salah kaprah menjalankannya.

Domain dan hosting sering juga dijadikan suatu satu kesatuan dan saling menunjang satu sama lain, tetapi sebenarnya hal ini adalah dua hal yang berbeda.

Selain perbedaannya, Anda juga perlu mengetahui definisi kedua tersebut, pembuatan sekaligus pengembangan blog atau situs web dari segi fungsi dan penggunaannya. Dengan adanya blog atau website Anda dapat menyalurkan hobi atau bakat kreatif anda untuk memulai suatu usaha atau bisnis menjanjikan.

Baca Juga : 

 Cara Mengatasi Invalid Click Adsense Pada Blog Maapun Youtube



Berikut ini merupakan beberapa istilah seputar website atau blog yang perlu Anda ketahui, Perbedaan utama domain dan hosting yaitu terletak pada fungsinya.

Hosting adalah sebagai tempat/ media untuk meletakkan file blog atau website seperti gambar, video, script website serta database.

Apabila Blog atau web anda ibarat sebuah bangunan rumah, hosting adalah kavling tanah yang dikotak- kotakan tempat dibangunnya rumah.

Baca Juga :

Cara Mengatasi Diindeks Meski Diblokir Oleh Robots.txt

 

Sedangkan, domain adalah nama alamat dari bangunan rumah atau Blog/website disebut dengan Domain. Jadi tanpa domain dan hosting, Blog/website tidak akan bisa online dan diakses banyak orang via internet.

Domain ada 2 jenis yaitu :

1. Domain gTLD adalah domain global dan tidak memiliki syarat apapun. Contoh dari domain global TLD misalnya : namasitusbloganda.com, namasitusbloganda.net, namasitusbloganda.org, dan lainnya. 


2. Domain ccTLD adalah domain indonesia (id). Domain id diatur oleh PANDI. Contoh dari domain id misalnya :namasitusbloganda.co.id, namasitusbloganda.my.id , namasitusbloganda.id, dan seterusnya.

Berbeda dengan domain global TLD (gTLD),dikhususkan domain ccTLD (domain id) memiliki syarat tertentu yang sudah dikeluarkan oleh PANDI. Keduanya bisa anda pesan dalam jangka waktu untuk berlangganan minimal 1 tahun.

Nah itulah Perbedaannya Domain dan Hosting yang admin ketahui, semoga bermanfaat artikel ini bagi anda yang membutuhkannya.

Post a Comment

0 Comments