VAR tidak digunakan ketika insiden kartu merah Ivar Jenner

Ivar Jenner, pemain Timnas Indonesia U23


Piala Asia 2024 Qatar-Video Assistant Referee atau VAR tidak digunakan ketika insiden kartu merah yang diberikan oleh wasit Nasrullo Kabirov kepada pemain Timnas Indonesia U23, Ivar Jenner.


Lalu, kenapa wasit Nasrullo Kabirov tidak mengecek kejadian tersebut melalui VAR?

Padahal, di akhir pertandingan babak kedua, dirinya melakukan revisi kartu kuning menjadi merah yang diberikan untuk Ramadhan Sananta lewat pengecekan VAR.

Merujuk pada aturan penggunaan VAR dalam pertandingan sepak bola yang dikutip dari Internasional Football Association Board atau IFAB, bahwa ada empat kategori untukpengubah keputusan yang dapat ditinjau.

Pertama, saat terjadi gol atau tidak. Kedua, saat terjadi penalti atau tidak. Ketiga, ketika pemain layak mendapatkan kartu merah langsung atau tidak (kartu kuning kedua tidak termasuk). Dan yang keempat ketika terjadi kesalahan identitas terkait kartu yang diberikan oleh wasit.

Jadi, pada intinya, kejadian yang dapat ditinjau kembali oleh VAR berkaitan dengan gol, insiden penalti dan kartu merah langsung.


Sehingga, itu menjadi alasan wasit Nasrullo Kabirov tidak memberikan peninjauan VAR untuk kartu merah yang diberikan terhadap Ivar Jenner.

Sebab, Ivar sebelumnya telah mendapatkan kartu di babak pertama, dan pada babak kedua sang pemain mendapatkannya kembali, sehingga hal tersebut tidak termasuk pemberian kartu merah langsung.

Post a Comment

0 Comments